Jumat, 25 November 2011

Puisi Tema Pendidikan

Puisi 1 :

            Seperti Mereka

Jarang tidak makan
Aku sudah biasa
Hidup serba kekurangan
Menjalaninya pun aku rela
Namun, semoga saja tidak tinggal harapan
Semoga Kau kabulkan do’aku, ya Tuhan..
Aku hanya ingin bersekolah seperti mereka
Bisa menuntut ilmu hingga ke negeri Cina
Menjadi orang yang berguna
Tanpa diriku harus menerima cela


Puisi 2 :

               Sosok Istimewa

Tidak hanya pada satu sekolah
Kau bersedia membagi ilmu
Kelakuan para murid kau hadapi tanpa lelah
Begitu besar kesabaran hatimu
Oh, Bapak dan Ibu guru..
Terima kasih atas bekal ilmu yang berharga
Kami akan songsong jenjang baru
Menyambut masa depan penuh suka cita


Puisi 3 :

              Hadiah Untuk Orangtua

Dari pagi hingga malam kau banting tulang
Selalu dalam keadaan lelah ketika pulang
Semua itu kau lakukan agar aku tetap sekolah
Pengorbananmu yang membuatku tergugah
Bukan uang atau barang mewah
Aku belum cukup umur untuk berikan itu
Tetapi yang pasti aku tak akan buang waktu
Semoga segala prestasiku dapat membuatmu bangga dan menjadi berkah
  

Puisi 4 :

              Juara Kelas

Jangan menyerah, kawan
Jadikan ini sebuah tantangan
Walau soal demi soal sulit terasa
Walau tugas demi tugas menguras pikiran dan tenaga
Kita harus tetap belajar dan berdo’a
Kita pasti bisa menjadi juara!


Puisi 5 :
              Demi Beasiswa

Buku demi buku telah aku baca
Tak akan aku lupa ilmu yang telah aku terima
Aku dan teman tak ada lagi waktu bermain bersama
Aku jalani tanpa sesal tetapi dengan gelora
Tak ingin aku buang kesempatan di depan mata
Demi masa depan cemerlang begitu menggoda
Kali ini aku ingin ringankan satu beban orangtua
Menggapai impian dengan beasiswa



Catatan : Puisi-puisi di atas pernah terpilih untuk berpartisipasi dalam Lokakarya Puisi Dwi Bulanan V yang diselenggarakan oleh FLP Jabedeboci (Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Ciputat) di Sanggar Anak Jalanan, Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar